Metal gasket

4 Jenis Gasket Sepeda Motor

4 Jenis Gasket Sepeda Motor

Kendati ukurannya tipis dan ada pula yang kecil mungil, gasket atau yang biasa juga disebut paking menjadi bagian yang sangat penting di mesin.

Diposisikan sebagai pengisi celah antara dua komponen, fungsi packing menjadi sangat vital.

Gasket motor

“Gasket fungsinya sebagai penyekat agar tak terjadi kebocoran oli, air atau gas jika permukaan tak rata,” terang Joseph Palupi M, Motorcycle Product Manager PT Dirgaputra Ekapratama, distributor gasket merek RCA dan produsen NRZ Prima Gasket.

Pentingnya fungsi packing, maka harus pintar memilih yang kualitasnya bagus, bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya termasuk juga diulas jenis gasket, gasket custom dan sebagainya. Cekidot bro!

Jenis Gasket

Berdasarkan bahan yang dipakai, ada 4 jenis packing yang bisa ditemui pada motor. Apa saja?

Soft 

“Pertama ada soft atau yang bahan kertas. kertas yang dipakai punya sifat tahan panas sampai hampir 300° C dan minyak, bisa mengisi celah dan tahan tekanan.

Tak heran bahan yang dipakai mesti impor dari Amerika. Biasa dipakai di blok, crank case dan bagian lain. Untuk campuran bahan, yang dipakai softP sudah non-asbestos

Metal 

Bahannya dari stainless steel, sifatnya harus tahan kompresi tinggi. Pakcing ini biasa dipakai antara silinder dan kepala silinder

Metal gasket

Karet

Jenis ketiga Packing karet atau biasa disebut seal, “Kalau seal bahannya dari karet lokal. Dalam jenis ini ada pula seal valve, “Bahannya dari viton, agar kuat panas sehingga oli enggak bocor,” imbuh Joseph. 

karet gasket

Liquid

Sering disebut juga dengan gasket sealent, dipakai pada beberapa bagian mesin, misal mengisi celah antar crank case. Sealant sendiri sering dipakai untuk mengolesi gasket kertas saat akan dipasang, biasanya karena mekanik enggak yakin akan kondisi permukaan komponen. Sebenarnya tidak direkomendasikan pakai sealant, karena gasket kami jenis non-stick, jadi tanpa sealant dijamin enggak bocor, dan saat dilepas jadi enggak menempel

liquid gasket

Custom

Selain gasket orisinal dan aftermarket seperti Aspira, Federal dan RCA, ada pula packing yang dibikin custom. Biasanya dipakai juga untuk mesin custom, misal yang bore up ekstrem, sehingga paking kepala silinder standar tak bisa lagi dipakai.

“Selain diameter silinder mesti lebih besar, kadang ketebalannya enggak cocok, sehingga mempengaruhi rasio kompresi, makanya bikin custom.

Usia Packing

Seberapa sih usia gasket bisa dipakai? “Selama mesin enggak dibongkar, maka enggak perlu diganti”. Jadi kalau sudah dibuka, maka wajib ganti baru agar tak terjadi kebocoran,”

Usianya hampir sama dengan masa garansi mesin yang sekitar 3 tahun

Namun kalau ditelaah tentu maksudnya sama, karena usia lebih dari 3 tahun biasanya mesin dibongkar untuk servis besar, jadi mau enggak mau harus ganti baru.

custom gasket

Tips Memilih Packing

Jika ingin aman, tentu saja pakai gasket orisinal bawaan motor. Namun kalau ingin lebih hemat, tak ada salahnya pakai merek aftermarket.

Tapi harus tahu cara memilih packing yang bagus.

“Sebenarnya agak susah kalau dari kasat mata, namun paling gampang lihat kerapian finishing lubang lubangnya,”

“Cara paling mudah tanya pada mekanik, karena berdasarkan pengalaman mereka akan tahu mana packing yang bagus, sehingga bisa merekomendasikan pada konsumennya

Pada umumnya ditemukan 2 jenis kemasan packing

Ada full set dan top set, Full set berarti kemasan dengan isinya packing lengkap untuk crank case, bak kopling, bak magnet, silinder sampai kepala silinder. Sedang top set, hanya bagian silinder ke atas berikut sil klep

 

Salah satu tanda mesin motor yang sehat bisa dilihat dari tidak adanya rembes atau kebocoran cairan dari mesin. Karenanya, kita perlu mewaspadai apakah packing blok silinder mesin motor mengalami kebocoran atau tidak.

“Istilah mesin kering berarti paking blok silinder mesin masih aman, sedangkan kalau di sekitar mesin tampak seperti ada rembesan basah artinya sudah ada kebocoran,” jelas Adhi Prasodjo, Service Advisor Yamaha Dinamika Motor, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Makanya selain secara tampilan ada rembesan cairan yang tampak di bagian luar mesin, performa mesin motor pun biasanya bakal terjadi penurunan jika terjadi kerusakan atau kebocoran pada paking.

“Seperti kalau kompresi mesin bocor bisa bikin motor jadi enggak bertenaga,” ujarnya.

Buat motor dengan pendingin cairan atau radiator, oli mesin dan coolant bisa bercampur kalau paking blok mesin sudah ada kebocoran.

 

*artikel disadur dari beberapa sumber 

*cek sparepart motor roda tiga , di sini

*visit my website pemancing galatama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *