Macam Macam Gear Box dan Fungsinya
Gearbox dalam hal penggunaannya banyak terdapat pada bidang kebutuhan industry atau permesinan. Dalam beberapa unit mesin memiliki sistem pemindah tenaga yaitu gearbox yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga atau daya mesin ke salah satu bagian mesin lainnya, sehingga unit tersebut dapat bergerak menghasilkan sebuah pergerakan baik putaran maupun pergeseran.
Gearbox merupakan suatu alat khusus yang diperlukan untuk menyesuaikan daya atau torsi (momen/daya) dari motor yang berputar, dan gearbox juga adalah alat pengubah daya dari motor yang berputar menjadi tenaga yang lebih besar.
Gearbox atau transmisi adalah salah satu komponen utama motor yang disebut sebagai sistem pemindah tenaga, transmisi berfungsi untuk memindahkan dan mengubah tenaga dari motor yang berputar, yang digunakan untuk memutar spindel mesin maupun melakukan gerakan feeding.
Transmisi juga berfungsi untuk mengatur kecepatan gerak dan torsi serta berbalik putaran, sehingga dapat bergerak maju dan mundur. Transmisi manual atau lebih dikenal dengan sebutan gearbox, mempunyai beberapa fungsi:
-
- Merubah momen puntir yang akan diteruskan ke spindel mesin
- Menyediakan rasio gigi yang sesuai dengan beban mesin
- Menghasilkan putaran mesin tanpa selip
GearBox, 7 Macam dan Fungsinya
- PRINSIP KERJA GEARBOX
Putaran dari motor diteruskan ke input shaft (poros input) melalui hubungan antara clutch/ kopling, kemudian putaran diteruskan ke main shaft (porosutama), torsi/ momen yang ada di mainshaft diteruskan ke spindle mesin, karena adanya perbedaan rasio dan bentuk dari gigi-gigi tersebut sehingga rpm atau putaran spindel yang di keluarkan berbeda, tergantung dari rpm yang diinginkan
JENIS-JENIS GEARBOX
Spur
Spur gearbox adalah roda gigi yang paling banyak digunakan pada transmisi motor. Coba perhatikan bentuk giginya adalah berbentuk lurus. Transmisi motor terdiri dari berbagai ukuran spur gear yang dirangkai dengan konfigurasi tertentu yang ditempatkan pada mainshaft dan countershaft
Aplikasi :
- Untuk daya luncur rendah
- Beban tekanan tinggi
- Digunakan pada roda gigi planetary untuk menghasilkan rasio reduksi besar
- Tidak cocok untuk hubungan yang presisi karena keterbatasan desain
GearBox, 7 Macam dan Fungsinya
Helical
Helical gearbox adalah roda gigi yang bentuk giginya miring 15- 30 derajat. Biasa digunakan untuk kecepatan >3500 RPM.
Keistimewaan :
- Poros parallel
- Kecepatan dan beban sangat tinggi
- Efisiensi sedikit dibawah spur gearbox (96 – 98%)
Crossed Helical
Keistimewaan :
- Poros miring
- Kecepatan tinggi
- Beban tinggi
Aplikasi :
- Untuk daya luncur rendah
- Beban tekanan tinggi
- Digunakan pada roda gigi planetary untuk menghasilkan rasio reduksi besar
- Tidak cocok untuk hubungan yang presisi karena keterbatasan desain
Bevel
Bevel gear box adalah roda gigi yang dapat memindahkan tenaga dari dua buah poros yang tidak sejajar, seperti vertikal dan horisontal
Keistimewaan :
- Poros tegak lurus
- Kecepatan tinggi
- Beban tinggi
Aplikasi :
- Cocok untuk rasio 1:1
- Untuk rasio kecepatan tinggi
- Cocok untuk sudut siku-siku, khusus rasio rendah
- Tidak untuk presisi tinggi karena bentuk roda gigi yang rumit
Worm
Keistimewaan :
- Poros miring siku-siku
- Rasio kecepatan tinggi
- Kecepatan dan Beban tinggi
- Efisiensi rendah
Aplikasi :
- Cocok untuk rasio kecepatan tinggi dengan sudut tertentu
- Cocok untuk presisi tinggi tetapi terbatas
- Cocok untuk kepresisian umum
- Sangat tepat untuk kombinasi rasio kecepatan tinggi dan penggerak sudut siku
Planetary
Planetary gear merupakan system gear yang terdiri dari gear output dan planet gear. Planetary gear set memberikan efek peningkatan kecepatan, pengurangan kecepatan, perubahan arah, netral, dan penggerak langsung. Planetary gear set juga dapat memberikan variasi. kecepatan pada tiap tingkatan operasi, dengan pengecualian netral dan penggerak langsung
GearBox, 7 Macam dan Fungsinya
Cyclo
Cyclo gearbox mekanisme reduksi meshing internal yang memiliki perbedaan gigi satu gigi.
Kotak roda gigi pin al, yang termasuk bidang teknis kotak roda gigi; model utilitas menyelesaikan masalah efek perlambatan gearbox yang buruk, torsi kecil, kapasitas muatan yang buruk dari poros output dan efisiensi kerja yang rendah dari gear box pada penemuan sebelumnya.
Solusi teknis dari penemuan ini adalah: kotak roda gigi sikloidal, kotak roda gigi reduksi, poros keluaran daya, dan mekanisme reduksi roda gigi dalam kotak roda gigi reduksi.
Dimana mekanisme pengurangan roda gigi mencakup roda gigi yang disambung dan dihubungkan secara berurutan. Gear 2, gear 3, poros output daya dilengkapi dengan gir eksentrik, gir eksentrik mencakup gir 4 dengan lubang di tengah, gir 5 yang disatukan dengan gir empat, dan disk output daya terhubung ke gir 4
Dan ketiganya secara eksentrik diatur, gir tiga terhubung dengan gangguan empat gir, cakram keluaran daya berlengan pada poros keluaran daya dan dapat mendorong poros keluaran daya untuk berputar
Efek yang menguntungkan adalah bahwa struktur lebih kompak, efisiensi perlambatan ditingkatkan, dan torsi gearbox meningkat. , efisiensi kerja yang tinggi**.
*disadur dari berbagai sumber dan diedit oleh mancinggalatamalele
Leave a Reply