Pompa Oli Berikut Fungsinya#1

Komponen Pompa Oli Motor : Penjelasan dan Fungsinya

Pompa Oli

Pompa oli adalah sebuah komponen yang mensirkulasi oli di dalam bak oli agar seluruh komponen mesin bisa terlumasi yang digerakan oleh poros engkol. Komponen ini sama pentingnya seperti komponen filter motor. Pompa oli merupakan jantung sistem pelumasan yang berguna untuk mempertahankan tekanan yang cukup serta memasok oli secara tetap ke sistem pelumasan yang memadai.
Pergerakan minyak pelumas ada bermacam-macam, yaitu ada yang melalui poros nok dan juga penggerak distributor, poros engkol dengan batang penggerak. Pada mesin kita mengenal proses kerja mesin yang dipenuhi dengan komponen yang bergesekan. Ada yang digerakkan langsung dengan roda gigi dari poros nok, dan sebagainya.

Saat piston motor bergerak naik turun saja terdapat banyak sekali komponen mesin motor yang saling bergesekan, antara lain ring piston dengan silinder.

Perlu adanya sebuah sistem pelumasan yang berfungsi sebagai lapisan agar komponen tidak secara langsung bergesekan dan Tentu agar besi yang bergesekan itu aman. Memang benar, komponen-komponen yang bergesekan itu berbahan dasar logam entah besi atau aluminium meski sudah dilengkapi dengan bantalan tetap saja fungsi oli secara umum dibutuhkan agar kinerja mesin berlangsung surest.

Pada motor bakar, salah satu komponen penting pada sistem pelumasan adalah pompa oli dimana komponen ini bertugas untuk memompa oli mesin ke seluruh bagian mesin, agar proses pelumasan bisa berlangsung, pelumasan bahkan lebih sulit dibanding pada mesin-mesin lainnya, karena di sini terdapat panas terutama di sekitar torak dan silinder, sebagai akibat ledakan dalam ruang pembakaran. Melenyapkan gesekan, keausan dan kehilangan daya adalah tujuan utama dari pelumasan setiap peralatan mekanis.
Tujuan lain dari pelumasan pada motor bakar adalah:

Menyerap dan memindahkan panas.
Sebagai penyekat lubang antara torak dan silinder sehingga tekanan tidak bocor dari ruang pembakaran.
Sebagai bantalan untuk meredam suara berisik dari bagian-bagian yang bergerak.
Agar terjadinya pelumasan yang baik di dalam suatu kendaraan, pada sistem pelumasan terdapat beberapa macam sistem yang saling melengkapi. Itulah sedikit penjelasan mengenai pompa oli, untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan fungsi komponen pompa oli motor di bawah ini :
Fungsi Pelumasan
Berikut ini fungsi dari pelumasan, antara lain :

Mengurangi gesekan, gerakan komponen satu dengan yang lain akan menimbulkan gesekan, dan gesekan akan mengurangi tenaga, menimbulkan keausan, menghasilkan kotoran dan panas. Guna mengurangi gesekan maka antara bagian yang bergesekan dilapisi oli pelumas (oil film). Mesin sepeda motor terdiri dari beberapa komponen, terdapat komponen yang diam dan ada yang bergerak.
Sebagai peredam, pelumas berfungsi untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin lebih halus.
Sebagai anti karat, pelumas berfungsi mencegah kontak langsung antar logam dengan udara maupun air dan menghindari terjadinya karat juga melapisi logam tersebut dengan oli

Fungsi dari Oli Pelumas

Berikut ini bisa anda simak fungsi dari oli pelumas secara umum, antara lain :
Mengurangi keausan engine agar minimal.
Mengurangi gesekan dan kehilangan tenaga yang diakibatkannya.
Memindahkan panas.
Mengurangi suara engine.
Sebagai perapat.
Membersihkan komponen-komponen engine.

 

artikel disadur dari beberapa sumber 

*cek sparepart motor roda tiga , di sini

*visit my website pemancing galatama

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *